Senin, 12 September 2016

Pagi itu kami melanjutkan perjalanan ke Gedung DPD RI. Kami merasa bangga bisa menginjakkan kaki dan duduk di kursi ruangan rapat DPD. Semoga suatu saat nanti salah satu diantara kami ada yang bisa menduduki kursi-kursi itu ya, Aamiin. Jujur aku lupa seperti apa persisnya kegiatan disana. Sedikit yang aku ingat hanya.. aku mendapati Annfir yang tengah asyik tertidur dibalik lipatan kedua lengannya wkwk. Yang sini aja nahan biar nggak ketiduran -_-. Haha oke lanjut, setelah dari gedung DPD kami menuju TMP Kalibata yang rencananya untuk bertemu dengan menteri sosial tapi beliau masih ada urusan sehingga diwakilkan.
Tiba di TMP sudah masuk waktu Dhuhur, jadi kami melakukan shalat Dhuhur terlebih dahulu. Baru setelah itu kami melakukan upacara dan tabur bunga di makam para pahlawan. Aku kurang tahu persis seperti apa prosesi upacaranya karena aku terpaksa nggak ikut *Kambuh lagi hiks serasa mau pingsan :((* Jujur aku sedih nggak bisa merasakan kegiatan di TMP dengan nyaman seperti ada yang aneh dengan tubuhku *Lay:(*

Sore harinya kami menuju Pacific Place, yuhuu
kami berkunjung ke @america. @america itu kayak pusat kebudayaan Amerika yang ada di Indonesia. Sesi pertama youth talk bersama Miss Schinnerer dan di sesi kedua dengan agenda meet the CEO bersama putra dari pemilik Triputra Group. Beliau bercerita bagaimana ayahnya mendidiknya sewaktu kecil sehingga bisa sukses seperti sekarang ini. Motivasi yang diberikan pada kami sangat bermanfaat :'). Kegiatan kami di @america tidak selesai sampai di situ saja, setelah sesi kedua berakhir dan dilanjutkan dengan ishoma, kami diberi kejutan dengan kedatangan salah satu Youtubers Indonesia, yaitu Kak Fathia Izzati.

Talkshow singkat bersama Kak Chia membuat antusiasme kami meningkat. Benar saja, ketika sesi foto bersama Kak Chia kami saling berebut agar bisa selfie bersamanya. Sayangnya jadwal kami sangat padat sehingga tak bisa berlama-lama di @america dan harus segera kembali ke TMII.
Malam itu tidak ada kegiatan FGD melainkan School Exhibition. Yaitu setiap delegasi memamerkan mading yang telah mereka buat. Dua orang dari setiap delegasi yang akan menerangkan tentang sekolah dan daerahnya mulai dari kesenian, tempat wisata, hingga makanan khas daerah. Sedangkan sisanya bertugas untuk mengunjungi mading milik delegasi lain. Ketika School Exhibition berlangsung, panitia memutar jingle FOR dan Merah Putih Gayaku. Kegiatan School Exhibition kami langsung berubah menjadi aksi menyanyi bersama-membentuk lingkaran-loncat-loncat tak karuan menikmati kedua lagu itu. Ya, we enjoyed that night :"( Cek keseruan kami disini https://www.youtube.com/watch?v=3c6LBKqQNgI Berkat malam itu aku jadi tahu gimana caranya lompat-lompat ngedugem hatcep tengah malem :" *Yasejakkecilguedikenalgabisagerak*

Keesokan harinya.. oh hei, ini satu bulannya hari keempat di FOR 8. Dan aku masih nggak bisa move on T_T. Yea, di hari keempat kami diajak berkeliling melintasi 3 provinsi. First time dalam sehari mengunjungi 3 provinsi. Pagi itu kami diajak ke salah satu universitas ternama di Indonesia yaitu Universitas Multimedia Nusantara yang ada di Provinsi Banten. Kami dibuat takjub dengan lokasi dan gedung UMN ketika kami tiba disana. Kami dipandu oleh kakak mahasiswa disana untuk segera menuju ruang auditorium dan menaiki bertangga-tangga. Olahraga pagi kata kakaknya :D. Dengan dipandu 2 MC, kami dipersilakan untuk menonton 2 film pendek karya mahasiswa UMN yang keren abis, dan sukses membuat kami tertawa-menjerit-bahagia. Setelah itu kami diberi semacam seminar tentang beberapa jurusan yang ada di UMN. yaitu Arsitektur, Fisika, dan... apa ya aku lupa -_-" wkwk. Meski kami enjoy disana, ada hal yang disayangkan ketika kami berada di UMN. "Sayang nggak ketemu Aulion," kata Ayas begitu :D

Setelah dari Banten kami kembali ke Provinsi DKI Jakarta untuk mengunjungi Kantor Otoritas Jasa Keungan (OJK). Karena hari itu hari Jumat, jadi cowok-cowok bergabung di bus 3 dan 4 untuk shalat Jumat terlebih dahulu. Sedangkan yang cewek langsung cuss ke OJK. Yea, cewek-cewek bus 3 pindah ke bus 1 dan cewek bus 4 pindah ke bus 2. Pas aku berada di bus 1, oh god betapa senangnya saya. Akhirnya bisa tidur nyenyak. Puas banget rasanya. Karena selama di bus 3 aku selalu bilang mau tidur ah biar nanti disana nggak ngantuk tetep nggak kesampaian. Ada aja yang bikin aku nggak bisa tidur. Dan.. ketika di perjalanan menuju OJK kami mendapatkan box meal makan siang. Oh yeah nyumpit lagi -_- karena waktu itu aku udah sehat ya peduli amat makan cantik pake sumpit niat jaim tapi nyiksa perut karena ga kenyang-kenyang wkwk. Yaudah makan aja pake tangan kata orang Jawa sih makannya muluk. And finally aku kenyang hahaha. Pas sampai di OJK kami hampir saja berkeliling-keliling karena salah gedung. Tapi ya akhirnya ketemu juga atas arahan dari panitia. Gedung masih sepi dan para lelaki pun belum tampak. Sambil menunggu yang masih Jumatan, kami pun dipersilakan untuk shalat Dhuhur terlebih dahulu di lantai 2. Ah ya, Kak Mentari menyempatkan diri untuk hadir di kantor OJK pada hari itu. Duh senangnya bisa ketemu kak Mentari. Itu loh pemenang juara kedua di Social Media Sensation Trans TV kemarin. Kak Mentari juga alumni ISYF lho. Kak Mentari meminta dukungan kepada kami untuk vote dia di sosmed. Dan Alhamdulillah keesokan harinya Kak Mentari mendapatkan perolehan vote tertinggi dan menjadi pemenang mingguan (lupa minggu keberapa). Selain bisa bertemu Kak Mentari, akhirnya di kantor OJK bisa selfie sama Bang Ipul--panitia terhits dan sering dibully-- *wkwk, ampun bang* bareng Yasmin (Aceh) dan Betzy (Jatim).

Sekitar pukul 13.30  acara pun dimulai. Kami mendapat penjelasan tentang apa sih OJK itu, perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, dan tentang tambungan Simpel (Simpanan Pelajar). Ada hal yang menarik dan berkesan bagi kami sewaktu di OJK. Tidak lain tidak bukan kami mengenal istilah boga-boga dari Papua. Hahaha. Yea hari ini perayaan satu bulannya boga-boga guys :D. Buat kalian yang penasaran apa itu boga-boga, jangan nyari di google karena nggak akan ketemu dan udah pernah aku coba. Keyword 'Arti kata boga-boga di Papua' pun nggak bakal nemu. Malah ujung-ujungnya boga makanan yang ada. Hahaha hidup boga-boga! xD

Setelah berboga-boga di OJK *eh* :v maksudnya setelah kegiatan di OJK, kami menuju provinsi terakhir yaitu Jawa Barat. Tidak terlalu jauh dari Jakarta, kami pun meluncur ke Cikeas. Yap, kami berkunjung ke kediaman mantan presiden kita, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Kami bertemu keluarga besar Bapak SBY termasuk anak dan menantunya. Judulnya sih silaturahmi akbar, tapi ya sambil diberi wejangan oleh Bapak SBY dan Letkol Inf. TNI Agus Harimurti Yudhoyono tentang Indonesia emas 2045 yang sukses membuat kami bersemangat. Satu hal yang pasti, kami--220 pelajar dari 25 provinsi siap menyongsong Indonesia emas 2045 ^_^

Cukup malam kami pulang dari kediaman bapak SBY, sekitar 22.30. Ada hal sedih yang kami rasakan malam itu. Ya, itu adalah malam terakhir kami berada di bus 3. Kak Alfian meminta kami untuk mengeluarkan unek-unek selama kegiatan FOR. Apapun itu. Selesaikan hal yang belum diselesaikan, begitulah panitia selalu berkata. Seketika bus 3 dikejutkan dengan pengakuan Fajar (Sumatera Utara) yang sempat tertarik pada paras cantik Mey (Jawa Barat). Wohooo akhirnya ada yang ngaku :v *Sumpah bisa-bisa gue digorok Fajar-Mey ini*. Tak ada yang tahu kabar kelanjutan mereka berdua sampai sekarang :v. "Bus 3 wajib foto" "Ayo bus 3 foto". Dan akhirnya ketika tiba di TMII kami bergegas untuk turun dan foto bersama. "Foto sama busnya. sama sopirnya juga kalo bisa" Duh ada-ada saja ulah bus 3. Semua langsung heboh mengatur posisi foto. "Yang cowok depan dong, duduk gitu" dan akhirnya... semua pada saling maju untuk dapet posisi depan yaudalah pasrah aja kelihatan nyempil di foto -_-. Malam itu entah kenapa aku mulai sedih yang teramat sedih. Selesai foto aku malah udah nangis sambil meluk Fida (Yogyakarta). Hati kecil berkata tak ingin pisah. Bakal kangen bus 3, walaupun bikin aku kurang tidur. Kangen ngerjain Nosa (Jawa Tengah) engg to be honest baru hari terakhir di bus aku ngomong sama Nosa dan Surya (Jawa Tengah) yang sejak awal Nosa kuperhatiin mirip sepupuku yang alumni TN juga. Etdah apa semua anak TN wajahnya gitu semua ya-_- dan Surya yang kenal di Line dan IG dan kutahu dia adik kelasnya kak Billy si penulis 14 buku. Aku juga kangen suara debatnya kuda Sumba dan komodo NTT--Nofry dan Gusty (NTT), kangen ngakak pas lihat Gusty jatuh dari tidurnya karena bus ngerem mendadak wkwk, kangen main tepuk 369 dan yang kalah harus teriak keluar jendela pintu bus belakang ngomong "Ayo Berkarya untuk Indonesia" yang sukses bikin ngakak lihat ekspresi pengemudi lain kebingungan wkwk xD. Apalagi pas Nosa kalah duh bus 3 hebohnya minta ampun. Aku kangen konsernya Dewo (Sumatera Selatan)-Avik (Sulawesi Tengah), kangen duetnya Ellen (NTT)-Abyan (Yogyakarta), kangen saling belajar bahasa daerah bareng Dewo, Avik, Gusty. Kangen duet Koreanya Annfir (Banten) dan Thia (Jakarta) yang aku nggak ngerti artinya. Kangen juga sama hebohnya Iin (Sumatera Barat) dan Dini (Lampung). Dan untuk pertama kalinya di hari terakhir pas perjalanan ke Cikeas, foto aibku muncul di grup Line -_- Ya itu udah nyoba banget buat tidur bisa sih tapi cuma sebentar dan akhirnya kefoto juga. Mantap dah si 'polisi tidur'. I miss you so much guys :"(

Okay balik lagi, karena terlalu malam sampai di TMII, jadi kegiatan malam itu dikosongkan. Tapi tentu saja kami nggak tidur lebih awal. Karena kami harus latihan untuk perform di Anjungan Kalsel TMII keesokan harinya. Sampai jam setengah 2 pagi masih terdengar aktifitas latihan kami. Karena jadwal besar keesokan harinya cuma Cultural Performance jadi kami memilih tidur menjelang pagi. Toh panitia pas ditanya besok bangun jam berapa kak, jawabnya "Tunggu kita bangunin aja ya." So, lumayan nyantai dong?. Bersama teman-teman delegasi Jatim kami memantapkan latihan dan persiapan perform kami. Gladi bersih gitu istilahnya. Mana sempat ada tragedi Nizam jatuh pas nari Reog duh kasian :'(. Dialog, gerakan, musik, nyanyi, tarian, dan puisi yang berbentuk sajak pun sudah matang dan siap kami tampilkan esok. Sebelum kami kembali ke kamar masing-masing, kami menyempatkan untuk foto bersama. Foto setelah latihan terakhir :"

To Be Continued...

Jurnal Alin . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates